Thursday 8 May 2014

Resep Soto Banjar Asli Enak

Resep Soto Banjar Asli Enak dan spesial. Tak sesulit yang dibayangkan cara membuat soto yang satu ini. anda bisa coba dengan mudah dengan bahan-bahan yang tersedia sehari hari dirumah, jadinya anda gak usah belanja susah-susah yang pasti bahan utama ayam yang harus anda beli, sedangkan pelengkap lainnya itu sekedar optional saja. ok kita kupas cara bikin resep masakan ini ya.
resep soto banjarUniknya rasa Soto Banjar Asli
Bahan yang diperlukan :
  • 1/2 ekor ayam kampung, dipotong-potong
  • 1 ½ sendok makan garam
  • 3 cm jahe, dimemarkan dulu
  • 2 lembar daun salam
  • 2 liter asir bersih

Bumbu dihaluskan :

10 butir bawang merah
1 sendok teh merica butir
5 siung bawang putih

Bahan ditumis :

3 buah kapulaga
3 cm kayumanis
4 butir cengkih
½ buah pala

Pelengkap :

100 gram soun kering, seduh air panas, tiriskan
4 butir telur rebus, belah dua
6 buah perkedel kentang
1 batang daun bawang, iris halus
2 batang seledri, iris halus
3 sendok makan bawang goreng, untuk taburan
2 buah jeruk nipis, belah-belah
Secukupnya Kecap manis
Secukupnya Ketupat

Cara membuat soto ayam banjar :
  1. - Pertama Rebus ayam bersama garam, daun salam, dan jahe hingga empuk dan juga matang. Angkat dan suir suir dagingnya. Sisihkan. Biarkan air kaldu mendidih dengan api kecil.
  2. - Diwajan lain Tumis bumbu halus, kapulaga, kayumanis, cengkih, dan pala sampai harum. Angkat dan masukkan tumisan ke kaldu mendidih. biarkan mendidih.selesai
Selesai sudah pembuatan soto ini, anda bisa angkat kuahnya. cara penyajiannya seperti biasa : ambil mangkok lalu atur ketupat, soun, perkedel, telur, dan ayam suir. Siram dengan kuah soto. Taburkan daun bawang, seledri, dan bawang goreng, lalu beri kecap dan air jeruk nipis, jangan lupa sambal. silahkan cicicipi.
Cukup singkat dan cepat, dan rasanya tak diragukan lagi, sedap, gurih dan segar dengan rempah-rempah yang lengkap dan tentunya bergizi tinggi dan mengenyangkan, gak percaya ? silahan coba, baca juga soto ayam bening. Dengan begini sekian postingan Resep Ayam Banjar Asli ini.

No comments:

Post a Comment